2 Cara Menyimpan Kontak di Google Drive dari HP

Ketika hp kamu hilang atau harus diganti, tidak jarang kamu akan kehilangan nomor telepon yang ada di hp lama. Hal ini juga sering terjadi saat kamu harus mengganti kartu SIM. Karena itu, kamu harus tahu cara menyimpan kontak di Google Drive agar datanya tetap aman dan dapat diakses di mana saja. 

Sebenarnya, cara menyimpan kontak di Google Drive hp VIVO, OPPO, Samsung, iPhone, dan hp jenis lain itu tidak jauh berbeda. Setidaknya, ada dua cara yang dapat kamu pilih. Kamu dapat menyimpannya melalui opsi menu “Export Contacts” atau menyimpannya melalui opsi “Share” atau “Berbagi”. 

Cara Menyimpan Kontak di Google Drive dari HP

Berikut penjelasan lengkap serta langkah-langkahnya! 

1. Export Contacts ke Google Drive

Cara pertama agar contacts dapat tersimpan dengan aman di Google Drive adalah dengan mengekspornya ke aplikasi tersebut. Hanya saja, penting untuk kamu catat jika cara export contacts akan sedikit berbeda dengan cara import kontak dari Google Drive ke iPhone maupun import kontak dari Google Drive ke Android

Export merupakan cara untuk menyimpan contacts dari hp ke Google Drive. Sedangkan import adalah cara menyimpan contacts dari Google Drive ke hp. Bagi kamu yang ingin menyimpan contacts ke Google Drive, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini! 

  1. Klik aplikasi kontak. 
  2. Kemudian, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas. 
Cara memindahkan kontak ke Google Drive
  1. Lalu, pilih “Manage Contacts”. 
Cara memindahkan kontak ke Google Drive
  1. Setelah itu, pilih “Export Contacts” dan pilih nomor telepon siapa saja yang kontaknya ingin kamu simpan di Google Drive. 
Cara memindahkan kontak ke Google Drive
  1. Terakhir, pilih “Google Drive” dan simpan kontak di folder yang kamu inginkan. 

Nantinya, contacts akan tersimpan dalam bentuk file .vcf di Google Drive. Untuk memulihkan kontak yang tersimpan di Google Drive tersebut, kamu dapat mengikuti cara yang sama seperti cara di atas. Hanya saja, opsi bukan “Export Contacts” yang perlu kamu pilih, namun opsi “Import Contacts”. 

2. Bagikan Kontak ke Google Drive 

Apabila cara tersebut masih terasa kurang mudah untuk kamu, kamu dapat mengikuti cara memindahkan kontak ke Google Drive dengan menu “Share”. Berikut adalah beberapa langkah-langkahnya! 

  1. Klik aplikasi kontak. 
  2. Kemudian, klik kontak yang ingin kamu simpan di Google Drive selama beberapa detik hingga pilihan “Share” muncul. 
Cara memindahkan kontak ke Google Drive
  1. Setelah itu, pilih “Text” dan pilih “Google Drive”. 
Cara memindahkan kontak ke Google Drive
  1. Terakhir, pilih lokasi atau folder penyimpanan kontak dan upload ke Google Drive. 

Berbeda dengan cara di atas, file yang akan tersimpan adalah dalam format .txt. Sehingga, di Google Drive hanya ada file berisi nama dan nomor kontak yang tadi kamu bagikan. Jadi, kamu perlu menyimpannya secara manual pada saat mengganti hp atau kartu SIM.

Memakai Google Kontak sebagai Alternatif Lainnya

Cara memindahkan kontak ke Google Drive Memakai Google Kontak

Selain kedua cara di atas, kamu juga dapat menyimpan nomor telepon dengan cara mencadangkan kontak WA ke akun Google secara manual. Jika kamu ingin menyimpan kontak baru, cara ini dapat kamu pilih. Sedangkan cara di atas khusus untuk kontak lama yang sudah tersimpan di hp saja. 

Kamu hanya perlu membuat kontak baru dan memilih opsi “Save contact to”. 

Google Kontak

Nantinya, kamu perlu memilih akun Google, dan secara otomatis kontak tersebut akan tersimpan di Google Kontak. Karena itu, kamu dapat mengaksesnya melalui akun Google dan bukan di Google Drive. 

Jadi, secara garis besar cara menyimpan kontak di Google Drive memang hanya ada dua. Kamu dapat mengekspornya ke atau langsung membagikannya ke Google Drive. Kedua cara tersebut sama-sama mudah, sehingga kamu hanya tinggal memilih sesuai dengan preferensi pribadi saja.